Julian Nagelsmann Pelatih 29 Tahun, Antar Hoffenheim ke Tiga Besar Liga Jerman

Masih berusia 29 tahun, dianggap bakal menyeret timnya ke jurang degradasi, ternyata Nagelsmann melebihi ekspektasi. Ia mengantar Hoffenheim ke tiga besar Liga Jerman sejauh ini. Padahal, di saat bersamaan, tim-tim besar seperti Borussia Dortmund dan Bayer Leverkusen tengah bertumbangan.
Akhir pekan lalu, Hoffenheim sukses meredam kekuatan besar Bayern Munchen. Mereka menahan imbang sang juara bertahan Bundesliga dengan skor 1-1. Ini bukan kejutan kecil. Hoffenheim dalam 10 spieltag awal, hanya kalah poin dari Bayern dan tim promosi RB Leipzig. Jika mereka konsisten seperti ini, maka Hoffenheim akan merebut tiket langsung ke Liga Champions. Sebuah hal yang tak bisa dibayangkan dari sebuah tim yang terbiasa bergulat di papan tengah, bahkan kadang bertarung di zona degradasi.
Lebih hebat lagi jika melihat sang pelatih Julian Nagelsmann. Pada 2008, di usia 20 tahun, ia pensiun sebagai pemain. Cedera lutut berkepanjangan menjadi penyebab. Tetapi Nagelsmann tidak berhenti di sana. Kecintaannya untuk sepakbola dilanjutkan dengan melatih tim muda Augbsurg dan 1860 Munchen. Sempat menangani tim muda Hoffenheim musim lalu, Nagelsmann ditunjuk sebagai pelatih tim utama ketika timnya sedang berjuang lolos dari degradasi.

Sembilan bulan berselang, Nagelsmann membalikkan semua ramalan yang sempat meremehkannya. Julukan pelatih muda ini tidak main-main, Baby Mourinho. Dan Nagelsmann memang mirip Mou. Ia bukan sosok yang mengutamakan taktik di atas segalanya. Baginya, komunikasi dengan pemain adalah kunci. Nagelsmann lebih suka menyebut dirinya sebagai motivator.
Sebagai pelatih, Anda hampir seperti psikolog. Sisi mental berpengaruh 70 persen dalam pekerjaan ini. Jika Anda tahu segalanya tentang taktik, tetapi idiot secara sosial, Anda tidak akan pernah berhasil.
Perjalanan Hoffenheim masih sangat panjang. Bisa saja mereka seperti Hertha Berlin musim lalu. Cemerlang di awal kompetisi lantas melempem ketika tiba di saat krusial. Meskipun demikian, Nagelsmann adalah kesegaran baru di Bundesliga. Ia bakal menjadi pelatih berikutnya yang bisa diekspor oleh sepakbola Jerman, setelah Jurgen Klopp yang cemerlang di Liverpool, atau Thomas Tuchel yang sudah menggoda sekian klub elite Eropa.

michaelkorsoutletsonlinesale.com asia togel Sumber: Sidomi