Tugas Pertama Pelatih Muda Indonesia di China

Pelatih muda asal Indonesia, Muhamad Yusup Prasetiyo, langsung dihadapkan dengan tugas besar pada awal kariernya di China.
Yoyo, sapaan akrabnya, dituntut mempersiapkan Lijiang FC U-15 untuk berlaga di Chinese Football Association National Youth Men’s Soccer League 2017. Rencananya, turnamen ini digelar di Yunnan, Luxi, pada 14-24 Maret 2017.
“Total 42 tim yang mengikuti turnamen ini dan akan dibagi enam atau tujuh grup,” kata Yoyo kepada Kompas.com, Jumat (3/3/2017).
Yoyo menjelaskan bahwa sejumlah klub besar seperti Guangzhou Hengda, Jiangsu Suning, dan Shanghai Shenhua akan mengikuti turnamen ini.
Dikatakan juga oleh pelatih berusia 26 tahun tersebut bahwa manajemen tidak memberikan target muluk kepada timnya. Hal tersebut cukup beralasan karena Yoyo baru menangani tim pada Selasa (28/2/2017).
“Manajemen mengatakan kami harus bisa lebih baik daripada tahun lalu. Mereka juga mengatakan bahwa timnya top semua. Jadi targetnya itu saja karena persiapan kami yang minim,” tutur pria yang pernah membela tim nasional Indonesia U-17 tersebut.

Yoyo mengaku telah memiliki bayangan mengenai cara bermain tim pada ajang nanti.
“Setelah melihat kemampuan mereka selama dua hari, saya akan melakukan di luar kebiasaan (penguasaan bola),” ujar Yoyo.
“Saya akan menerapkan serangan balik dengan pertahanan yang kuat. Apapun taktik yang saya lakukan untuk kepentingan tim meraih kemenangan,” tuturnya menambahkan.
Yoyo menjadi kepala pelatih Lijiang U-15 dengan kontrak selama 2 tahun terhitung mulai 1 Maret 2017. Lijiang memilih Yoyo karena dia peserta termuda saat kursus B AFC di Malaysia.
Yoyo pun sejauh ini adalah pelatih pertama yang berkarier di China.
Dok. Pribadi Pelatih muda asal Indonesia, Muhamad Yusup Prasetiyo, memberikan pengarahan kepada timnya Lijiang FC U-15.

michaelkorsoutletsonlinesale.com togelcc Sumber: Kompas.com